Muhlisin,
S.Pd., M.Si.
SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School
Jl. Raya Pandeglang-Labuan Km. 03 Kuranten,
PO.Box 61 Pandeglang 42201
http://www.smancmbbs.com; e-mail:
muhlisinsidik@gmail.com
ABSTRAK
Dalam
proses belajar mengajar, siswa tidak hanya membutuhkan informasi konsep biologi
saja, tetapi juga membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang penting dalam
menginformasikan pengetahuannya kepada
orang lain. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi juga penting dimiliki oleh
mereka. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kedua
kemampuan tersebut adalah “Sicomo” (=Searching of Information, Communicating,
and Modelling). Pada fase Searching of Information: siswa mencari informasi tentang materi virus melalui
penugasan melakukan wawancara kepada dokter di Klinik atau lembaga kesehatan di
sekitar sekolah, mencari sumber dari internet maupun buku yang relevan; Communicating:
siswa melakukan presentasi di depan kelas dengan format presentasi Microsfot
Power Point dan membuat poster yang dipamerkan di majalah dinding; dan Modelling:
pembuatan model bentuk-bentuk virus menggunakan plastisin. Metode penelitian yang
digunakan adalah Deskriptif, untuk mengetahui gambaran kemampuan berkomunikasi siswa
kelas X sebagai populasi penelitian baik secara lisan maupun tertulis, yang
meliputi presentasi dan poster yang dinilai dengan menggunakan lembar
penilaian. Kompetensi belajar siswa diperoleh dari tes akhir yang menggunakan
soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam
berkomunikasi lisan dan tulisan pada pembelajaran yang menggunakan strategi
pembelajaran SICOMO seluruhnya berkatagori baik. Sedangkan kompetensi belajarnya
mencapai ketuntasan lebih dari 70%.
Kata
Kunci: kemampuan berkomunikasi,
kompetensi belajar, strategi pembelajaran, konstruktivisme
ABSTRACT
Students
must have communication skill, because they need not only biology concept in
teaching learning but also communicating competence which is important to
transfer their knowledge to the others. One of learning strategies that can
develop both of the competences is “Sicomo” Strategy (Sicomo=Searching of
Information, Communicating, and Modeling). In Searching Information session,
students get a task to interview the doctor at hospital or healthy institution
around the school, or they browse learning sources using internet or books; In
communicating session, students present their paper on Microsoft Power Point
format and make a poster to be displayed on wall magazine; and in Modeling
session, students make kind of three dimension virus models using plasticine
media. The objective of descriptive research is to illustrate how students of 10th
class as population can communicate in oral and writing communication through
presentation skill and poster which measured by observation format. Post test
in multiple choices is done to get learning competence data. Based on the
research, all of students’ communication competence, both oral and writing communicating
acquire good category and their mastery learning reaches over 70%.
Keywords: communicating competence, Constructivism,
learning competence, learning strategy,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar