Minggu, 20 Maret 2016

KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN “SICOMO” DI SMA NEGERI CAHAYA MADANI BANTEN BOARDING SCHOOL


Muhlisin, S.Pd., M.Si.
SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School
Jl. Raya Pandeglang-Labuan Km. 03 Kuranten, PO.Box 61 Pandeglang 42201
http://www.smancmbbs.com; e-mail: muhlisinsidik@gmail.com

ABSTRAK
Dalam proses belajar mengajar, siswa tidak hanya membutuhkan informasi konsep biologi saja, tetapi juga membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang penting dalam menginformasikan  pengetahuannya kepada orang lain. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi juga penting dimiliki oleh mereka. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kedua kemampuan tersebut adalah “Sicomo” (=Searching of Information, Communicating, and Modelling). Pada fase Searching of Information:  siswa mencari informasi tentang materi virus melalui penugasan melakukan wawancara kepada dokter di Klinik atau lembaga kesehatan di sekitar sekolah, mencari sumber dari internet maupun buku yang relevan; Communicating: siswa melakukan presentasi di depan kelas dengan format presentasi Microsfot Power Point dan membuat poster yang dipamerkan di majalah dinding; dan Modelling: pembuatan model bentuk-bentuk virus menggunakan plastisin. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif, untuk mengetahui gambaran kemampuan berkomunikasi siswa kelas X sebagai populasi penelitian baik secara lisan maupun tertulis, yang meliputi presentasi dan poster yang dinilai dengan menggunakan lembar penilaian. Kompetensi belajar siswa diperoleh dari tes akhir yang menggunakan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam berkomunikasi lisan  dan tulisan  pada pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran SICOMO seluruhnya berkatagori baik. Sedangkan kompetensi belajarnya mencapai ketuntasan lebih dari 70%.


Kata Kunci: kemampuan  berkomunikasi, kompetensi belajar, strategi pembelajaran, konstruktivisme


ABSTRACT

Students must have communication skill, because they need not only biology concept in teaching learning but also communicating competence which is important to transfer their knowledge to the others. One of learning strategies that can develop both of the competences is “Sicomo” Strategy (Sicomo=Searching of Information, Communicating, and Modeling). In Searching Information session, students get a task to interview the doctor at hospital or healthy institution around the school, or they browse learning sources using internet or books; In communicating session, students present their paper on Microsoft Power Point format and make a poster to be displayed on wall magazine; and in Modeling session, students make kind of three dimension virus models using plasticine media. The objective of descriptive research is to illustrate how students of 10th class as population can communicate in oral and writing communication through presentation skill and poster which measured by observation format. Post test in multiple choices is done to get learning competence data. Based on the research, all of students’ communication competence, both oral and writing communicating acquire good category and their mastery learning reaches over 70%.


Keywords: communicating competence, Constructivism, learning competence, learning strategy, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar